Blogroll


Komentar Terbaru


Arsip


Jam Digital


@NhieVannie


My Facebook


My Song


Pengunjung

    63.197

Sistem Operasi (Operating System-OS)

Ditulis pada 20 May 2012 Oleh zilvanhisna-e-f-fst10 | Kategori : Pemrograman Komputer

Tanggal 15 Mei 2012, Para Mahasiswa Teknobiomedik mendapatkan materi Operating System / OS atau dapat diterjemahkan sebagai Sistem Operasi. Jujur saya kurang memahami materi ini namun saya mencari-cari dari beberapa blog dan jurnal akhirnya saya dapat meresume sec. sederhana.

 

OS itu Apa????

Dari beberapa definisi yang saya kutip dari http://id.wikipedia.org

  • Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.

  • Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi boot diri.

  • Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program-program pengolah kata dan peramban web.

  • Jika sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. 

Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan.

Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem berkas. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur jadwal yang tepat, sehingga semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) dan tidak saling mengganggu.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:

  • Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  • Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
  • Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  • Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.

Bagan Operating System

Lalu API itu APA????

Antarmuka pemrograman aplikasi (Inggris: application programming interface disingkat API) adalah sekumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem operasi.

Macam-Macam OS saat ini....????

Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC,) terbagi menjadi 3 kelompok besar:

  1. Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows 8 yang akan dirilis pada tahun 2012 atau lebih lambat)).

  2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.

  3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.6 (Snow Leopard). Musim panas 2011 direncanakan peluncuran versi 10.7 (Lion).

Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.

Isi blog ini saya kutip dari :http://id.wikipedia.org





- 3 Komentar -

1. rizal ichwansyah

pada : 21 May 2012
"Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain."

contohnya apa?
terima kasih??

2. Zilvanhisna E.F

pada : 21 May 2012
Terima kasih atas pertanyaannya saudara Rizal, saya akan menjawabnya sebisa mungkin.
sebelumnya, Pustaka dalam ilmu komputer adalah koleksi dari rutin-rutin program yang digunakan untuk membangun dan mengembangkan perangkat lunak. Pustaka, umumnya mengandung kode program dan data pembantu yang menyediakan layanan-layanan kepada program-program independen.
contohnya Windows API

3. Zilvanhisna E.F

pada : 21 May 2012
Ada juga yang disebut Pustaka Threads.
Thread sendiri memiliki beberapa definisi yaitu :
1.suatu unit dasar penggunaan cpu.
2.Thread adalah sebuah alur kontrol dari sebuah proses

Sehingga Pustaka Thread berfungsi untuk menyediakan API untuk programmer dalam menciptakan dan memanage thread.

Tiga pustaka-pustaka thread yang utama :
· POSIX Pthreads
· Win32 threads
· Java threads

Jawaban ini saya kutip dari beberapa blog yaitu :
http://afero88.wordpress.com/2009/04/02/sistem-operasi-2-thread/

http://kambing.ui.ac.id/bebas/v06/Kuliah/SistemOperasi/BUKU/SistemOperasi-4.X-1/ch11s04.html

http://dsupriatno.blogspot.com/ dan http://yogimd.blogspot.com/

silahkan bagi saudara Rizal apabila kurang puas dengan penjelasaan saya, silahkan bertanya kembali


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :