Blogroll


Komentar Terbaru


Arsip


Jam Digital


@NhieVannie


My Facebook


My Song


Pengunjung

    63.234

Android

Ditulis pada 04 June 2012 Oleh zilvanhisna-e-f-fst10 | Kategori : Pemrograman Komputer

Android sebagai Sistem Operasi

Salah satu sistem operasi (OS) yang sedang populer di masyarakat yakni android. Android adalah salah satu sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam-macam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Saat ini  terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android :

  1. Google atau Google Mail Services (GMS)
  2. Open Handset Distribution (OHD). 

 

Android dalam berbagai Versi

 


1.    Android versi 1.1

Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

2.   Android versi 1.5 (Cupcake)


Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Beberapa pembaruan seperti kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon. Dilengkapi oleh dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

 

3.    Android versi 1.6 (Donut)

Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.

4.    Android versi 2.0/2.1 (Eclair)

Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.

5.    Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

6.    Android versi 2.3 (Gingerbread)

Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

7.    Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)

Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom.

8.    Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich)

Dipublikasikan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

9.    Android versi 5.0 (Jelly Beam)

Akan segera dirilis tahun 2012 ini. Android Jelly Bean ini diperuntukkan untuk komputer tablet dan memungkinkan untuk digunakan pada sistem operasi PC atau Komputer. Sehingga rumornya kemunculan Android Jelly Bean ini untuk menyaingi rilis terbaru Windows 8 yang juga akan segera dirilis. Karena kita ketahui bersama perbincangan versi Android sebelumnya yaitu Android Ice Cream Sandwhich pun masih hangat di telinga.

 

 

http://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi)

http://1.bp.blogspot.com/-Fn936-koi7s/TueqqAce92I/AAAAAAAAAQ0/LXWwJLU_0FI/s1600/Android-Version-updates-techjungle.info-technews.jpg

- 8 Komentar -

1. anindita ayu

pada : 08 June 2012
info tentang androidnya mantep :) jadi pengen punya android,. -_-

2. anindita ayu

pada : 10 June 2012
android itu yg paling pas buat mahasiswa yang mana ya?pas d kantong maksudnya,.hehehheheh

3. Zilvanhisna E.F

pada : 11 June 2012
Terima kasih mb anin atas komentarnya baik, beberapa hp yang menggunakan android sebagai Osnya dan memiliki harga yang murah sehingga cocok untuk mahasiswa yaitu :
1. Samsung Galaxy Young terbaru sekitar Rp1.239.000,- dengan spesifikasi yang hampir sama dengan hp-hp canggih saat ini wifi, kamera dll yang dapat dilihat pada http://www.samsung.com/id/consumer/mobile-devices/smartphone/galaxy/GT-S5360MAAXSE-spec . Namun yang membuat saya menganjurkan galaxy young tak lain krn OS yang digunakan adalah Android 2.3 (Gingerbread).
2.Samsung Corby Android sekitar Rp1.250.000,- dilengkapi Wi-Fi, Bluetooth dan GPS untuk Samsung I5500 serta Android 2.1 Eclair.
3.Samsung Galaxy mini 2 merupakan update dari Galaxy Mini. Ada sejumlah upgrade yang dilakukan vendor diantaranya adalah prosesor yang lebih bertenaga (800MHz sebelumnya hanya 600MHz), OS Android Gingerbread yang sebelumnya Froyo dan memori internal yang lebih lega.
4.Samsung Galaxy Gio semula masuk ke dalam kategori ponsel kelas menengah. Namun saat ini ponsel berlayar 3,2 inci ini sudah sangat murah. Samsung Galaxy Gio semula masuk ke dalam kategori ponsel kelas menengah. Namun saat ini ponsel berlayar 3,2 inci ini sudah sangat murah berkisar Rp1.500.000,-. Spesifikasi hp ini menggunakan prosesor yang bisa berlari kencang pada 800Mhz, kamera 3MP, Android Froyo, layar 3.0 inci, HSDPA, Wi-fi, Bluetooh dan SNS Integration.
5.Samsung Galaxy 551 dilengkapi dengan side slider QWERTY keyboard, layar sentuh kapasitif 3.2 inci dengan resolusi WVGA (240x400 piksel), sistem operasi menggunakan Android 2.2 Froyo dengan TouchWiz 3.0, kamera 3 megapiksel autofocus, dukungan codec video DivX, dukungan jaringan HSPA, WiFi, Bluetooth, GPS, dan slot microSD. Harga yang dibutuhkan Harga Rp1.650.000,-
6.Samsung Galaxy Ace S5830 merupakan smartphone terbaru dari Samsung yang menggunakan Android 2.2 Froyo. Samsung Galaxy Ace S5830 dilengkapi dengan kamera 5 megapiksel dengan LED flash, layar dengan resolusi HVGA, WiFi, dan Bluetooth 3.0. harganya Harga Rp1.750.000,-

4. dina

pada : 12 June 2012
Menarik banget infonya..
Boleh tau ga kenapa versi-versi Android dinamakan berdasarkan nama makanan gitu ya? :)

5. Zilvanhisna E.F

pada : 14 June 2012
Terima kasih saudara dina...
menurut yang saya baca melalui buku maupun website lainnya. Versi Android dinamakan nama makanan (desert)karena itu merupakan keputusan bersama. Juru bicara Google Randall Sarafa menyatakan bahwa pemberian nama-nama itu merupakan hasil keputusan internal dan Google. Google tentu bertujuan membuat ciri khas produknya agar menarik dan mudah diingat. Dan yang menariknya versi ini dinamakan menurut abjad yaitu dari C-I, namun ada rumor versi terbaru android yang akan rilis tahun ini bernama Jelly Beam yang abjadnya J. Pada 2013 rumor Android versi 6.0 yaitu Key Lime Pie menjadi topik hangat menyusul dirilisnya Windows 8

Sekedar informasi, sumber ini saya dapatkan dari :
http://teknologi.vivanews.com/news/read/293589-google-siapkan-android-key-lime-pie-
http://rosindah-mine.blogspot.com/2011/03/kenapa-versi-versi-android-selalu-nama.html

6. jummy

pada : 15 June 2012
Galaxi S III rek.... hahhahahah
wes samaung tok yang disebut....xixixixiixixixi

7. Fadhilah D.H

pada : 18 June 2012
Assalamualikum vani saya mau bertanya,Apa kelebihan OS android dan bagaimana cara merubah versi gingerbrade menjadi ice cream sandwich pada Android?

terima kasih....:)

8. Zilvanhisna E.F

pada : 19 June 2012
beberapa kelebihan yaitu :
- Ketersediaan aplikasi yang berkualitas
- harga hp android yg terjangkau
- Bebas mengkostumisasi ROM bagi yang suka mengoprek
- Terkoneksi dengan seluruh layanan Google

Kelebihan lain dapat dilihat pada http://www.teknokers.com/2012/03/kelebihan-android-kenapa-harus-memilih.html

merubah versi dari gingerbread ke honeycomb baru kita dapat merubah honeycomb ke ice cream sandwich. caranya kita mengupgrade secara langsung(sendiri) dibutuhkan kabel usb dan aplikasinya. tapi jika tak mau ambil repot dapat dilakukan di toko samsung terdekat.
Cara upgrade dapat dibaca pada http://chapila.com/android/cara-upgrade-android-ke-versi-terbaru.html

trims

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :