Blogroll


Komentar Terbaru


Arsip


Jam Digital


@NhieVannie


My Facebook


My Song


Pengunjung

    63.237

Sebuah Ide Aplikasi pada Android

Ditulis pada 18 June 2012 Oleh zilvanhisna-e-f-fst10 | Kategori : Pemrograman Komputer

Ide yang mungkin bisa saya jelaskan dan tampilkan mungkin tidak terlalu muluk-muluk. Baiklah kali ini saya akan membuat aplikasi pada android yang merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yaitu :

  • Android Hospital

  

Merupakan aplikasi yang bisa digunakan pasien rumah sakit yang sedang mengalami rawat jalan. Selain itu pasien penyakit jantung, gagal ginjal, kanker bahkan HIV/AIDS  dapat menggunakannya untuk memanggil ambulance bahkan aplikasi ini dapat melakukan administrasi RS secara langsung sehingga pasien-pasien tersebut tidak perlu menunggu pendaftaran administrasi RS. Tidak perlu khawatir aplikasi ini menggunakan GPS sehingga memudahkan perawat dan petugas ambulance menjemput anda. Aplikasi ini juga akan langsung menunjukkan rumah sakit terdekat dari tempat anda sekarang serta memberikan jalan yang tepat bagi ambulance untuk menghindari jalanan macet. Jadi bisa dipastikan anda akan tiba di RS pada kurun waktu yang singkat. Aplikasi ini mirip dengan aplikasi LifeLine dan CIMS hospital.

 

 

 

  • Check Up Schedule

Check Up Schedule merupakan aplikasi yang memuat schedule sekaligus alarm untuk mengingatkan waktu check up anda. Sebelumnya anda harus melakukan registrasi dulu  baik pada ponsel dan RS sehingga check up schedule secara otomatis mengatur jadwal check up anda, bahkan secara otomatis berubah jika pihak RS mengubah jadwal check up anda. Aplikasi ini cocok bagi pasien gagal ginjal (pengingat jadwal cuci darah) dan pasien kanker (pengingat jadwal kemoterapi). Saat alarm berbunyi anda diwajibkan memasukkan password. Apabila anda mengindahkan/mengabaikan alarm tersebut dalam waktu maksimal 15 menit, aplikasi Call me akan melanjutkan tugasnya.

  • Call Me


  

Aplikasi ini berjalan apabila aplikasi Check Up Schedule dilanggar dan Android Hospital  aktif. Aplikasi ini secara otomatis akan menghubungi maksimal tiga orang keluarga anda, dokter  anda. Apabila dokter anda berhalangan maka aplikasi ini secara otomatis menghubungi dokter lain yang merupakan rekomendasi  dokter sebelumnya. Selain itu apabila anda dirawat di rumah sakit, anda dapat menghubungi perawat secara otomatis baik menggunakan sentuhan maupun suara.

 

 

  • Android Insurance

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang bergerak pada jasa asuransi. Jadi bila terjadi sesuatu baik kecelakaan, sakit dan meninggal. Pihak asuransi siap membayar biaya perawatan.

- 9 Komentar -

1. yudhistirasuryanto

pada : 21 June 2012
apa kelemahan dan kelebihan aplikasi yang ada rencanakan ?

2. Zilvanhisna E.F

pada : 21 June 2012
Kelebihannya mungkin bisa dilihat diatas, yaitu memudahkan pasien dalam keadaan darurat, mengingatkan pasien dan menelpon org terdekat. untuk alat/perangkat ini sendiri dilengkapi GPS, pendeteksi sidik jari dan suara. disini pasien cukup memasukkan sidik jari atau suara maksimal 3 orang termasuk pasien itu sndiri.

3. Zilvanhisna E.F

pada : 21 June 2012
Aplikasi ini menggunakan google map sebagai penunjang. kendala mungkin terletak pada tipe hp yang digunakan oleh pasien. banyak hp yang tidak kompatible pada beberapa aplikasi android,shg menyebabkan error. Kekurangan lain, jujur saya sebagai admin sekaligus pencetus ide termasuk org gaptek jadi dibutuhkan belajar yang ekstra keras untuk merealisasikan ide ini. Trims

4. Abdul Karim

pada : 22 June 2012
Assalamualaikum Wr Wb.
Perkenalkan Saya Abdul Karim.
Sekarang sedang kuliah s1 di Tsukuba University, Jepang.

Menurut saya cukup bagus dan detail ide untuk aplikasi android nya.
Saya menemukan aplikasi serupa di ios (iphone), sama2 membutuhkan koneksi internet untuk menggunakan aplikasi. Untuk itu, mari kita tinjau dan membangun sesuatu dari yang sudah ada menjadi lebih bagus.

Yang ingin saya tekankan disini, tentang kebutuhan aplikasi akan koneksi internet. kebanyakan program yg berhubungan dg informasi penting seperti ini, membutuhkan internet dengan kapasitas dan kecepatan yg stabil.

Padahal, kalau di indonesia tidak semua provider menyediakan fasilitas internet cepat, dan ada pun provider yang hanya bisa memberikan fasilitas ini, tapi dengan biaya yang cukup mahal. Selain itu, jika dalam keadaan darurat, atau daerah pedesaan yang tidak ada sinyal, itu masalah yang besar, menurut saya.

Nah, menurut anda bagaimana membuat program ini bisa tetap berfungsi walau dalam keterbatasan signal atau internet yang sering terjadi di Indonesia pada umumnya?
Terimakasih

wassalamualaikum.

5. Zilvanhisna E.F

pada : 22 June 2012
walaikum salam mas karim, Saya setuju dengan pendapat anda memang koneksi internet di Indonesia cukup sulit, jangankan untuk aplikasi ini, untuk online sekedar membalas pertanyaan saja susah sekali #sedikit curhat. Tentu ini berbeda dengan keadaan anda di jepang. Ya itu memang salah satu kendala/kekurangan. Untuk itu jika aplikasi ini direalisasikan maka saya akan menguji terlebih dahulu di kota-kota besar seperti surabaya, jakarta, bandung, dll yang dikatakan memiliki sinyal yang kuat. Untuk di desa, itu tergantung masing-masing provider, apakah dia akan memperkuat sinyal provider tersebut di desa2 atau tidak. tentu itu merupakan PR besar bagi pemerintah Indonesia untuk melayani masyarakat. Dan setelah berdiskusi/cr wangsit....Krn di Indonesia, internetan sering ngandat maka aplikasi ini diberi beberapa tambahan.bs dibilang aplikasi ini berfungsi mengumpulkan database di beberapa provinsi di Indonesia.Pada aplikasi ini, terdapat menu-menu misalkan anda diharapkan memasukkan provinsi mana anda tinggal. dan di provinsi itu, anda akan memasukkan data pada menu selanjutnya yaitu memasukkan kota dan rumah sakit terdekat yang berada di kota anda. sehingga apabila internetan ngandat aplikasi ini bisa berfungsi...

Trims ;-))

6. idris

pada : 28 September 2012
tx, sharingnya blog ini sangat bermanfaat buat sy.

7. ana

pada : 17 March 2013
asalamualaikum sebelumnya apa aplikasi ini sudah di buat kalau blh saya minta codingnya sebagai tugas akhir, thx before

8. Zilvanhisna

pada : 17 March 2013
Makasiii saudara idris... :-)

Walaikum salam mb ana, maaf ini merupakan salah satu tugas berupa ide untuk aplikasi android, jadi belum ada kodingannya.... jika mb ana menginginkan ide ini terealisasi, monggo di coba, semoga ide ini bermanfaat :-)

9. Damar nurcahya

pada : 22 February 2016
asalamualaikum

Idenya sangat menarik, saya tertarik untuk merealisasikan ide nya, saya akan coba membuat aplikasi nya menggunakan pemrograman android. jadi saya mohon ijin untuk menggunakan ide Android Hospital.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :