Blogroll


Komentar Terbaru


Arsip


Jam Digital


@NhieVannie


My Facebook


My Song


Pengunjung

    63.199

Artificial Neural Network

Ditulis pada 16 March 2013 Oleh zilvanhisna-e-f-fst10 | Kategori : Sistem Cerdas

Jika minggu kemarin kita membahas tentang system cerdas yang diantaranya terdiri dari Neural network, Artificial Intelegent (AI), dan Fuzzy logic. Kali ini kita akan membahas sedikit tentang Neural network. Lalu sebenarnya apa itu neural network sendiri???

Neural network sudah ada sejak tahun 1943, dan diperkenalakan perhitungan model neural network oleh Warren McCulloch dan Walter Pitts. Mereka melakukan beberapa kombinasi processing unit sederhana yang dapat memberikan peningkatan pada kekuatan komputasi. Kemudian di kembangkan oleh Rosenblatt pada tahun 1950 dan berhasil menemukan sebuah two-layer network yang dikenal dengan perceptron. Karena dinilai belum sempurna maka pengkajian terhadap neural network terus dikembangkan hingga penelitian terakhir adalah mesin Boltzmann, jaringan Hopfield, model pembelajaran kompetitif, multilayer network,  dan teori model resonansi adaptif.

Kalau tadi kita udah bahas sedikit tentang sejarahnya lalu apa sih neural network itu sendiri???? #sambil geleng2 kepala. Oke neural network adalah ilmu soft computing yang termasuk non linier program dimana dia mengadopsi kemampuan otak kita (jaringan syaraf) yang mampu memberikan stimulasi (rangsangan), melakukan proses dan memberikan output (respon). Tentu kekuatan komputasi otak manusia merupakan suatu keunggulan di dalam kajian ilmu pengetahuan. Subhanallah… Maha Besar Allah SWT.

Lalu apa aja fungsi dari neural network???? Neural network dapat mengklasifikasi dan memetakan pola yang didapat dari input (stimulasi) ke dalam pola baru pada output. Neural network dapat menyimpan pola yang akan dipanggil kembali, mengoptimasi permasalahan dan memprdiksi. Gak salah jika kita menyebut neural network itu sama seperti jaringan syaraf tiruan.

Ide dasar pembuatannya tak lain dimulai dari otak manusia dimana terdiri dari berjuta2 neuron. Neuron sendiri berfungsi untuk memproses tiap informasi yang masuk. Satu neuron terdiri dari akson dan dendrit. Tiap sel syaraf terhubung dengan syaraf yang lain hingga mencapai 104 sinapsis.

struktur syaraf manusia

Dari gambar di atas, bisa dilihat ada beberapa bagian dari otak manusia, yaitu:

  1. Dendrit (Dendrites) berfungsi untuk mengirimkan impuls yang diterima ke badan sel syaraf.
  2. Akson (Axon) berfungsi untuk mengirimkan impuls dari badan sel ke jaringan lain
  3. Sinapsis berfungsi sebagai unit fungsional di antara dua sel syaraf.

Jika diatas tentang struktur syaraf manusia dibawah ini kita akan mengenal struktur neural network. Seperti yang sudah diucapkan diatasi Artificial neural network/neural network/neural network buatan …. Wew banyak banget ataunya…. Oops NG

Artificial Neural Network mengadopsi mekanisme berpikir sebuah sistem atau aplikasi yang menyerupai otak manusia, baik untuk pemrosesan berbagai sinyal elemen yang diterima, toleransi terhadap kesalahan/error, dan juga parallel processing. Strukturnya ga jauh beda dengan struktur syaraf manusia, berikut penjelasannya :

Struktur Artificial Neural Network

 

 

  • Input, berfungsi seperti dendrite
  • Output, berfungsi seperti akson
  • Fungsi aktivasi, berfungsi seperti sinapsis

Untuk proses pada Artifial Neural Network bisa lebih jelas pada blog http://socs.binus.ac.id/2012/07/26/konsep-neural-network/

Beberapa aplikasi yang menggunakan Artificial Neural Network adalah mendeteksi golongan darah manusia menggunakan teknik pengolahan citra, memprediksi pasar saham, pengontrolan gerakan pada robot, menganalisis sel kanker dan masih banyak lagi.

Demikian sedikit informasi tentang Artificial Neural Network, apabila ada kesalahan kata mohon dimaklumi karena kita sama-sama belajar. Silahkan meninggalkan kritik, saran dan komentar yang insya Allah saya jawab sebisa mungkin….

 

Sumber : http://socs.binus.ac.id/2012/07/26/konsep-neural-network/

http://teknikinformatika-esti.blogspot.com/2012/07/pengertian-jaringan-syaraf-tiruan.html

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :