Blogroll


Komentar Terbaru


Arsip


Jam Digital


@NhieVannie


My Facebook


My Song


Pengunjung

    63.209

Robotic Treatment for Autism

Ditulis pada 30 September 2013 Oleh zilvanhisna-e-f-fst10 | Kategori : Pemodelan Fisiologi

Autisme, apa itu sebenernya ???

Menurut istilah autisme berasal dari kata autos yang berarti diri sendiri dan isme yang berarti paham. Ini berarti autisme memiliki makna yaitu suatu keadaan yang menyebabkan anak-anak hanya memiliki perhatian terhadap dunianya sendiri. Pengertian Autisme adalah kategori ketidakmampuan yang ditandai dengan adanya gangguan dalam komunikasi, interaksi sosial, gangguan indriawi, pola bermain dan perilaku emosi.

 

Berdasarkan data dari UNESCO pada tahun 2011 tercatat 35 juta orang penyandang autisme di seluruh dunia. Ini berarti rata-rata 6 dari 1000 orang di dunia mengidap autisme. Dan menurut Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan, Diah Setia mengatakan, diperkirakan terdapat 112.000 anak di Indonesia menyandang autisme, pada rentang usia sekitar 5-19 tahun. (www.republika.co.id)

 

Apa saja ciri-ciri umum autisme???

  1. Gangguan dalam berkomunikasi seperti dapat meniru kalimat /nyanyian namun tak mengerti maksudnya serta sulit diajak berbicara.
  2. Gangguan interaksi social seperti selalu menghindar dari pandangan muka orang lain.
  3. Gangguan indra seperti tidak suka dipegang/dipeluk dan sensitive dengan bunyi yang keras.
  4. Tingkah laku bersifat hiperaktif/hipoaktif dan melakukan gerakan berulang-ulang.

 

Lalu bagaimanakah solusinya???

Baru-baru ini saya membuka video dengan judul ASK NAO (Autism Solution for Kids) yang diciptakan oleh Aldebaran Robotics (Robot Aldebaran). Robot ini adalah salah satu humanoid robot yang dipesan untuk membantu tugas guru dikelas dan membantu anak-anak yang menderita autism. Inisiatif ini dikembangkan setelah melihat banyaknya anak-anak autism yang tertarik pada teknologi sehingga memungkinkan NAO menjadi jembatan yang sempurna antara teknologi dan dunia social manusia. untuk mencapai ini Aldebaran Robotics menciptakan suatu komunitas yang terdiri dari pengembang, terapis, peneliti, guru, orang tua untuk bekerja sama dengan tim aldebaran membantu anak-anak autis.

 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Nao berfungsi membantu anak autis maka robot ini mampu menunjukkan ekspresi kemanusiaannya (Fuzzy Logic). Misalnya, robot ini mampu menunjukkan emosi sederhana seperti yang ditunjukkan oleh anak berusia satu tahun. Robot yang memiliki tinggi 58 cm ini juga mampu mempertontonkan berbagai macam gerakan, seperti berjalan, menari, duduk, berdiri, menendang dan meraih objek tertentu. Selain itu, robot ini juga mampu menolehkan kepala ke arah seorang pembicara atau sumber suara. Nao sendiri dibuat menggunakan pemrograman yang cukup ramah bagi pemula. Dengan peranti lunak Choregraphe dan 3D Simulator, robot ini mampu membimbing siswa dan guru untu mempelajari robot sehingga menjadi cara yang menyenangkan untuk belajar sains dan teknologi. Jadi Nao adalah partner yang pas untuk berlatih komunikasi bagi anak anak yang mederita autis.

 

Sumber :

http://www.labparahita.com/web/article/mengenal-penyakit-autisme/

http://asknao.aldebaran-robotics.com/en/offer/applications

http://skydahero.blogspot.com/2012/01/robot-nao.html

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :